Best Of Me

Abad About abundant Air Akibat Alergi Aneh Anything arti Aturan Automatic awal Bad Bahagia Bali Batasan Bayi Belajar benar ber-arti Berlian besar Best Better Binggung Board Breath Broken Up Bumi Cable Cara Cause Clash of Clans CoC color Connector Connectors Contoh Cornfirmation Crossover Crowdfounding Darah Day Off Definisi Direct Direction DIY download E-Mail easier efek Effect Emosi Ethernet everything example Extra extra ordinary Facebook Fakta Fault Feel feng shui Follow friendship Game of Thrones Gejala Gempa Gila go Google Hackers Hadiah Hancur Happy hari HeadUnit Him Hold holiday Horoscope house How I Ibu iconic Ide Impossible Indonesia Info ingat Insentif Inspire Instagram iphone iphone 7 IQ Jenis Jenius Kabar Kabel Kalah kandang Kanker kecil Keinginan Kenwood Kode Kreatif laba Lahir Lalat Leader leak Legend link Long Love Lyric Mahabarata malam maria Mean memberi Menang Mendengar Mengapa mengeri Mengerti Minds miyabi Modal money Mustahil My Nama Need News Nice NKRI nol Nothing Old Oral Sex Orang Orang Kaya Orlando osawa Own Pamor Panjang Papua Paranoid Parawisata pemberian penjahat Perfect Periods Permen Perubahan Picture Pinterest Play Please pokemon pokemon go Predict Presiden Program Project Proses Qoute Qoute of the Day Quote Ramalan Remote Rendah Responsibilities Safe Sakit Sakit hati Sebab Secret selamat Semangat Sempurna Seputar Film Serba-Serbi Sexiest Skills Social media Steering Succeed Syarat Tahan Tanggung Jawab tidur Time Tipis Tips of the Day TNI Top Tujuan Twitter Uang UFO Umur Understand unique Universal Updates Veni Vici Vidi Virgo Virtual Virus Wajah Warna White Will Willingness Wish Wonder You Zenith Zika Zodiak

Monday, June 13, 2016

Cara Mengusir Lalat dan Nyamuk Dari Kandang Ternak dan Rumah


Musim Penghujan, Saatnya Nyamuk dan Lalat Masuk Rumah dan Kandang Ternak, Ini Tips Cara Mengusirnya!
Sebelum membahas bagaimana cara mengusir lalat dikandang sapi, ada beberapa cara alami untuk mengusir lalat yang bisa digunakan di rumah atau tempat tinggal kita yaitu:


Cara pertama adalah dengan menggunakan Daun Pandan, karena daun pandan ini selain untuk pengharum makanan, wangi daun pandan ternyata juga bisa dicoba untuk mengusir lalat. Caranya cukup mudah. Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring. Terakhir, tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.
Cara kedua adalah dengan memanfaatkan aroma dari bunga Lavender. Awalnya bunga lavender lebih dikenal sebagai tanaman yang dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk, tetapi ternyata selain dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, bunga Lavender ternyata juga bisa digunakan untuk mengusir lalat. Kita bisa menempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah, untuk mengusir lalat. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga mempercantik tampilan ruangan. Dengan adanya bunga lavender maka situasi ruangan juga menjadi lebih segar.
Cara ketiga yang juga efektif adalah dengan menggunakan cengkeh. Aroma dari wangi cengkeh ternyata cukup efektif mengusir lalat. Ada dua cara memanfaatkan wewangian rempah yang satu ini. Pertama, cara yang paling sederhana. Rendam cengkeh secukupnya, pada semangkuk air. Kemudian letakkan rendaman cengkeh tadi pada tempat yang banyak dihinggapi lalat. Selain daun pandan dan lavender, aroma cengkeh terbukti ampuh mengusir lalat di sekelilingnya.
Untuk mendapatkan wangi yang lebih tajam, padukan wangi cengkeh dengan apel. Caranya, siapkan satu buah apel yang sudah matang. Penuhi seluruh permukaan apel dengan cengkeh, dengan cara menusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel. Letakkan apel yang sudah terutup cengkeh ini di atas meja. Lalat pun enggan mendekat.
Cara berikutnya untuk mengusir lalat adalah dengan menggunakan Jeruk Lemon. Caranya siapkan beberapa buah jeruk lemon, bagi masing – masing menjadi empat potong memanjang. Tancapkan 12 cengkih kering pada setiap potongan. Tata irisan perpaduan lemon dan cengkih di piring dan letakkan pada kedua ujung meja. Lalat bisa mendeteksi aroma buah jeruk lemon dan aroma rempah cengkih. Perpaduan aroma yang tajam ini berperan sebagai pengusir serangga yang baik.
Demikian sekilas cara mengusir lalat secara alami di perumahan, lalu bagaimana dengan cara mengusir lalat dikandang atau disekitar area kandang?
Beberapa Tips Cara Mengusir Lalat di Kandang Ternak
Menggunakan Desinfektan
Memanfaatkan desinfektan adalah metode yang efektif untuk membunuh lalat namun kurang ramah terhadap linkungan karena kandungan bahan kimia bahkan bisa berakibat terhadap manusia.
Menggunakan lem lalat
Kuncinya adalah menjebak lalat dengan aroma lem khusus sehingga lalat yang hinggap akan menempel pada lem sehingga tidak bisa terbang dan mati. Cara ini lebih ramah lingkungan dibanding metode di atas, karena hanya menggunakan lembaran kertas yang sudah diberi lem khusus dan aroma untuk memancing lalat mendekat.
Menanam Tanaman Pandan Di Sekitar Kandang
Manfaatkan tanah kosong disekitar kandang dengan menanam tanaman pandan, Karena tanaman pandan tidak disukai lalat maka lingkungan sekitar kandang yang ditanami dengan pandan akan dijauhi lalat.
Tanam tanaman bunga Lavender di Sekitar kandang
Selain menanam pandan juga tanam bunga lavender disekitar kandang, disamping lalat pergi maka nyamuk juga tidak akan mendekat.
Memasang Perangkap Elektrik Untuk Menangkap Lalat
Untuk cara yang lebih mahal anda dapat memasang perangkap elektrik lalat dikandang hanya saja yang perlu diperhatikan penempatan alat harus aman dari kotoran dan basah agar tidak cepat rusak.
Menggunakan Obat-obatan Pembunuh Lalat
Untuk lebih efektif dalam mengusir dan membunuh lalat dikandang maka anda dapat menggunakan obat-obat khusus pembunuh lalat dan disebarkan pada sekitar kandang. Penggunaan insektisida juga merupakan cara digunakan untuk membunuh lalat dengan cara menyemprot kandang dengan Lindane 0,03-0,05 %, Toxaphene 0,5%, Metoxychlor 0,05 %, Coumaphos 0,125 %, Dioxanthion 0,15 %, Malation 0,5 %, atau Ronnel 0,75 %. Pemberian dichlorvos dalam minyak mineral diberikan setiap hari juga mampu mengusir lalat untuk hinggap dipermukaan tubuh hewan. Selain dichlorvos bisa juga digunakan coumophos, malathion atau tetrachlorvinphos yang diberikan 2 sampai3 kali seminggu dalam sediaan tabur. Aplikasi insektisida dapat dilakukan dengan cara Dipping (populasi ternak banyak), spraying, Back Rubber, Dust bag, Pour on, lewat makanan dan menggunakan keping resin (seperti kalung).
Rajin Membersihkan Kotoran di Kandang
Agar lalat malas mengganggu kandang anda maka caranya adalah anda harus rajin membersihkan kotoran ternak di kandang dan dibuang pada tempat penampungan khusus dan jangan dibiarkan menumpuk pada sekitar kandang. Kotoran adalah media yang paling disukai lalat untuk berkembang biak.

No comments:

Search

Loading...
2014 ber-arti.blogger.com | Some rights reserved.


Convert